10:11 am - Wednesday April 16, 2014

Peringatan Idul Adha Di SMK TJP Tuban

iduladha2AKSES Online -Tepat pada  tanggal 26 oktober adalah hari dimana para umat muslim merayakan hari raya kurban atau biasa kita sebut dengan idul adha.

Bertepatan dengan itu sekolah kita SMK TJP mengadakan berbagai  rangkain kegiatan diantaranya adalah takbir keliling di lanjutkan dengan sholat idul adha bersama,  dan keesokan harinya dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut sekolah kita ikut berpartisipasi dengan takbir keliling dengan masyarakat, untuk perwakilan dari sekolah beberapa pengurus osis,pembina serta di pandu oleh bapak/ibu  guru. Takbir keliling dilaksanakan pada tanggal 25 oktober yang di mulai pada pukul 19.00.

Dilan jutkan dengan sholat ID di sekolah yaitu tepatnya hari jum’at dan dimulai pada jam 6pagi hingga jam 9pagi. Sayangnya pada saat itu hanya sedikit siswa yang mengikuti kegiatan sholat ID  disekolah jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan siswa di SMK TJP sekolah kita ini. mungkin banyak siswa yang memilih sholat di rumah masing-masing karena jarak rumah mereka dengan sekolah sangat jauh dan mungkin juga karena baru pertama kali sekolah kita mengadakan sholat id selain itu pengorganisir siswa yang kurang juga menjadi penyebabnya.

Kemudian keesokan harinya dianjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari 3 ekor sapi yang diperkirakan seharga Rp 37.500.000 dimana dana tersebut didapat dari iuran siswa. Proses penyembelihan dilakukan oleh seorang jagal yang bernama  Pak Asmuni, proses penyembelihan sengaja dilakukan pada hari sabtunya karena kendala waktu pada hari jumat dan berhubung hari sabtu masih hari tasrih dan panitia memutuskan untuk menyembelih pada hari sabtu.

iduladha1Dengan hasil sembelihan di perkirakan antara 600-700kg daging, daging tersebut dibagi menjadi 1000 bungkus kemudian dibagikan kepada rakyat tidak mampu,panti,osis, dan panitia. Untuk warga dan panti mendapat 4 ons bagian daging, untuk osis ½ kg, dan untuk pantia 8 ons. Untuk antrian sudah disiapkan 200 kupon dan pak Bambang selaku ketua panitia yang memimpin  kegiatan tersebut menghimbau  guru untuk membantu panitia dalam kegiatan tersebut.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan ini sebelumnya memang sudah ada rencana dan kegiatan ini adalah hasil dari keputusan bersama. Meskipun demikian kegiatan ini berjalan dengan lancar dan maksimal.

Pak imam selaku guru senior di sekolah kita dan juga salah satu panitia dari kegiatan ini  berharap agar kegiatan sholat ID menjadi lebih baik dan pengorganisir siswa lebih efektif.  Dan menurut beliau tujuan diadakan dari kegiatan ini adalah untuk melatih siswa untuk berkorban dan   partisipasi untuk lingkungan sosial dan juga untuk menambah kegiatan agama sebagai motivasi.

Pak Bambang adalah ketua yang mengurus organisasi ini dan menurut pak Bambang kurang lebih efektifnya pengorganisasi, terletak pada jauh dekatnya rumah masing pengorganisasi

Berikut adalah tanggapan dari masyarakat:

  • Menurut bapak moh.ekhsan yang berprofresi sebagai tukang becak kegiatan semacam ini sangat baik dilakukan apalagi dengan  antrian yang sangat terkondisi dengan baik dann beliau merasa senang.
  • Ada ibu kastia yang merasa senang karna tiap tahun dapat daging.

redLAn

Filed in: Hot News, Liputan

No comments yet.

Leave a Reply